Layanan Application Programming Interface (API) Bisnis BSM

API adalah aplikasi penghubung (dari server BSM ke server nasabah) yang dimiliki oleh BSM dan dapat digunakan oleh nasabah untuk mengembangkan dan membangun perangkat lunak sistem operasi tertentu untuk kebutuhan operasional bisnis nasabah.

 

Persyaratan Permohonan API Bisnis BSM:

Nasabah pengguna layanan API Bisnis BSM wajib memenuhi Persyaratan permohonan yaitu Risk Acceptance Criteria (RAC) sebagai berikut:

  • Memiliki legalitas dan telah menjalankan bisnis usahanya minimal selama 6 (enam) bulan dengan melampirkan kelengkapan dokumen yang dipersyaratkan dalam permohonan layanan API Bisnis BSM.
  • Perusahaan atau Institusi yang telah menjadi nasabah Tabungan Perusahaan atau Giro BSM minimal selama 3 (tiga) bulan.
  • Untuk perusahaan fintech telah terdaftar secara resmi di OJK sebagai perusahaan fintech yang dibuktikan dengan surat keputusan dari OJK.
  • Memiliki Layanan Cash Management System (CMS) BSM atau Internet Banking.

 

Persyaratan Dokumen Permohonan Layanan API Bisnis BSM:

  • Formulir permohonan layanan API Bisnis BSM yang telah ditandatangani nasabah yang berwenang (sesuai dengan AD/ART perusahaan).
  • Asli atau copy surat pengantar dari unit bisnis terkait permohonan pembukaan, perubahan/update fitur dan penutupan layanan API Bisnis BSM.
  • Copy identitas (KTP atau Paspor) person in charge dan dokumen penunjukan/Surat Kuasa dari perusahaan atau institusi sebagai person in charge perusahaan atau institusi yang ditunjuk sebagai admin layanan API Bisnis BSM yang ditandatangani oleh nasabah yang berwenang berdasarkan AD/ART perusahaan/institusi yang bersangkutan.
  • Copy Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) atau Surat Keputusan dari instansi/pihak yang berwenang yang masih berlaku dan telah dibubuhi stempel copy asli.
  • Copy Nomor Induk Berusaha (NIB), Surat Ijin Usaha/SIUP sesuai dengan bidang usaha, Tanda Daftar Perusahaan (TDP), NPWP dan Surat Keterangan Domisili Perusahaan (SKDP) yang masih berlaku.
  • Untuk perusahaan fintech melampirkan copy surat keputusan dari OJK bahwa telah telah terdaftar.

 

Fitur:

  • Open/Create virtual account adalah fitur yang berfungsi untuk melakukan pembuatan rekening virtual account secara single maupun batch.
  • Edit/Update virtual account adalah fitur yang berfungsi untuk melakukan perubahan/update terhadap rekening virtual account secara single maupun batch.
  • Balance Inquiry virtual account adalah fitur yang berfungsi untuk mengetahui informasi saldo rekening virtual account.
  • Statement Inquiry Virtual Account adalah fitur yang berfungsi untuk mengetahui informasi mutasi/transaksi rekening virtual account.
  • Search/Inquiry List Virtual Account adalah fitur yang berfungsi untuk melakukan pencarian terhadap rekening virtual account.
  • Open Account adalah fitur yang berfungsi untuk melakukan pembukaan rekening tabungan, giro, deposito dan pembiayaan.
  • Overbooking Transaction adalah fitur yang berfungsi untuk melakukan transaksi transfer antar rekening BSM.
  • Balance Inquiry adalah fitur yang berfungsi untuk informasi saldo rekening.
  • Account Statement adalah fitur yang berfungsi untuk informasi mutasi transaksi rekening.
  • Real Time/Online Transfer Transaction adalah fitur yang berfungsi untuk melakukan transaksi transfer antar bank lain melalui mekanisme Online/Real Time.
  • Syariah Pay adalah platform pembayaran melalui API yang menjadi brand pembayaran Bank yang ditempatkan diseluruh merchant ecommerce yang telah bekerjasama dengan Bank dengan mekanisme pembayaran melalui Mandiri Syriah Mobile

 

Manfaat:

  • Fintech ataupun e-commerce dapat terkoneksi dengan layanan perbankan dan berkesempatan menikmati beragam informasi dan transaksi perbankan secara cepat dan mudah.
  • Memberikan kemudahan kepada nasabah dalam mengakses layanan informasi dan transaksi keuangan yang terintegrasi dengan layanan perbankan secara cepat, mudah, dan aman