Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS)

QRIS adalah standar QR Code pembayaran yang ditetapkan oleh Bank Indonesia (BI) untuk digunakan dalam memfasilitasi pembayaran di Indonesia.

 

Karakteristik Layanan QRIS:

  • Bank dapat menetapkan target nasabah yaitu Nasabah Mandiri Syariah pengguna Layanan Mandiri Syariah Mobile.
  • QRIS dapat menerima pembayaran dari semua penyelenggara jasa sistem pembayaran (PJSP) yang telah mengimplementasikan QRIS, baik itu perbankan maupun aplikasi uang elektronik atau dompet elektronik
  • QR pada merchant dapat berupa static QR Code (QR Code berisi merchant ID dan bersifat tetap ditampilkan dalam sticker/print out dan nominal transaksi diinput oleh customer pada mobile device customer) atau dynamic QR Code (dibuat secara real time pada saat transasksi sehingga QR Code berbeda untuk setiap transaksi dan nominal transaksi diinput oleh merchant)
  • QRIS yang terpasang dengan karakteristik terdiri atas, logo QRIS & GPN, Nama Merchant, Nomor ID Nasional, Nama acquirer dan versi cetak
  • Konsumen dapat menggunakan aplikasi uang elektronik server based, dompet elektronik atau mobile banking yang memiliki fitur pembayaran menggunakan QR Code

 

Manfaat:

  • Memberikan kemudahan dan kenyamanan kepada nasabah pengguna mandiri syariah mobile dalam bertransaksi menggunakan mandiri syariah QR dengan cepat, mudah, dan aman
  • Transaksi tarik tunai di mesin ATM Mandiri Syariah dapat dilakukan tanpa menggunakan kartu Mandiri Syariah Debit
  • Transaksi menjadi cepat, sistematis, dan otomatis
  • Tidak memerlukan uang kembalian