FAQ Sahabatberkah.id

 

 

No

Pertanyaan

Tanggapan

1

Apa sahabatberkah.id?

Sahabatberkah.id adalah sahabat online yang melayani setiap kebutuhan sosial, spiritual, dan finansial sahabat masa kini.

2

Apa saja manfaat yang ditawarkan oleh sahabatberkah?

Pada wadah ini, kita bisa melakukan ragam aktivitas secara online seperti silahturahmi antar kerabat terdekat dan sesama, menikmati ragam konten edukasi syariah, dan merencanakan keuangan untuk masa depan #lebihberkah

3

Layanan apa saja yang tersedia pada sahabatberkah.id?

  • Layanan Sosial Sahabat Berkah:

Layanan untuk menjalin silahturahmi dengan kerabat dekat dan berbagi kepedulian terhadap sesama yang disalurkan oleh mitra sosial dari Bank Syariah Mandiri yaitu Lasnaz BSM. Pada layanan ini, Sahabat bisa melakukan aksi sedekah, infaq, dan zakat dengan mudah pada menu:

  1. Referal berhadiah sahabat berkah
  2. Sahabat Sosial

 

  • Layanan Spiritual Sahabat Berkah:

Layanan berbagi informasi seputar literasi syariah yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Pada layanan ini sahabat bisa menikmati ragam konten edukasi keuangan secara syariah yang terangkum pada menu:

  1. Kenapa perlu memilih bank syariah?
  2. Sahabat literasi finansial syariah

 

  • Layanan Finansial Sahabat Berkah:

Layanan perencanaan keuangan untuk sahabat yang ingin mewujudkan impian hidup dengan cara yang berkah penuh danmanfaat. Pada layanan ini, Sahabat bisa berkonsultasi rencana keuangan pada Financial Advisor sahabatberkah dan mengajukan layanan cukup dengan sentuhan jari. Layanan ini meliputi:

  1. Form online Griya Berkah dan katalog rumah online (layanan kepemilikan rumah)
  2. Form online Oto Berkah  dan katalog mobil online (Layanan kepemilikan kendaraan)
  3. Form online Mitraguna (Layanan pemenuhan kebutuhan)
  4. Form online cicil dan gadai emas (layanan kepemilikan dan penggadaian emas)
  5. Form online tabungan (layanan penyimpanan dana)
  6. Form online lelang (layanan lelang aset rumah untuk masyarakat umum)
  7. Layanan Mandiri Syariah Mobile (Layanan transaksi keunagan dengan aplikasi pada telepon genggam)

4.

Bagaimana Jika ada pertanyaan seputar layanan sahabatberkah.id?

Sahabatberkah memiliki layanan interaktif melalui media sosial dan percakapan aplikasi WhatsApp. Media ini terhubung oleh layanan resmi service center Bank Syariah Mandiri. Cukup klik menu Chat With Us pada laman sahabatberkah atau media sosial Instagram (sahabatberkah_id), Youtube (SahabatBerkah BSM), dan Facebook (@sahabatberkahid) yang siap sedia melayani sahabat dengan baik.

 

 

FAQ Layanan Form Online Sahabat Berkah

1.

Apa itu layanan form online Griya Berkah?

Layanan Griya Berkah

Pembiayaan Griya Berkah adalah pembiayaan untuk pembelian:

  1. Rumah Ready Stock dan Indent (Developer Rekanan)
  2. Take Over (pemindahan fasilitas KPR)
  3. Pembelian Apartemen Ready Stock
  4. Multiguna Beragunan Rumah (Refinancing)

 

Layanan ini juga berhadiah Porsi Haji senilai Rp25 Juta untuk nasabah dengan pembayaran angsuran lancar selama 2 tahun (min. pengajuan pembiayaan Griya Rp300 Juta)

 

Manfaat dan simulasi produk Griya Berkah:

  • Angsuran tetap hingga akhir masa pembiayaan.
  • Margin khusus pegawai
  • Maksimum pembiayaan s.d. Rp 5 Milyar
  • Jangka Waktu s.d. 20 Tahun
  • Bebas Pinalti dan Biaya Appraisal s.d. Rp1,5 Milyar
  • Bekerjasama dengan >300 Developer

 

Syarat layanan Griya Berkah:

  • WNI cakap hukum
  • Usia minimal 21 tahun dan maksimal 55 tahun pada saat jatuh tempo pembiayaan
  • Maksimum pembiayaan s.d. Rp 5 Milyar
  • DP min 5% atau sesuai ketentuan BI

 

Dokumen yang diperlukan untuk pengajuan Griya Berkah:

  • Formulir Permohonan (online via sahabatberkah.id)
  • Fotokopi KTP pemohon & pasangan (bila sudah menikah)
  • Fotokopi Kartu Keluarga
  • Fotokopi Surat Nikah (bila sudah menikah)
  • Asli slip Gaji  1 bulan terakhir & Surat Keterangan Kerja
  • Fotokopi Tabungan/Mutasi rekening 3 bulan terakhir (kecuali payroll BSM)
  • Fotokopi NPWP untuk pembiayaan di atas Rp50 juta
  • Fotokopi SHM/SHGB
  • Dokumen Agunan  (Copy IMB, Copy SHM, Copy PBB tahun terakhir)

2.

Apa itu layanan form online Oto Berkah?

Oto Berkah adalah Fasilitas Pembiayaan untuk pembelian mobil baru jenis mobil penumpang (passanger Car) dengan kesepakatan Jual-Beli (Akad Murabahah).

 

Manfaat produk Oto Berkah:

  • Angsuran tetap hingga akhir masa pembiayaan.
  • Margin Spesial untuk pegawai ASN & BUMN
  • Jangka Waktu s.d. 7 Tahun
  • Didukung lebih dari >8000 Dealer terpercaya
  • Hadiah langsung (Voucher & Free santunan banjir, TJH ke-3 dan Tunjangan Kebakaran tempat tinggal)
  • Harga khusus dari rekanan ATPM & Dealer
  • Bebas biaya admin 50%

 

Tabel Angsuran Oto Berkah:

 

Dokumen yang diperlukan untuk pengajuan Oto Berkah:

 
  • Copy KTP Pemohon dan Pasangan/Kartu Keluarga
  • Copy KTP dan Copy ID Card Pegawai
  • Jaminan: BPKB DAN Faktur Kendaraan
  • Asuransi: Auransi Jiwa dan Asurani Kerugian
  • Akseptasi Income diperkenankan Joint Income

3.

Apa itu layanan form online Mitraguna Berkah?

Layanan Mitraguna Berkah

Pembiayaan multiguna dengan source of payment berasal dari gaji/pendapatan pegawai tetap (payroll melalui BSM) tanpa agunan

 

Fitur dan Manfaat:

  • Limit pembiayaan s.d. 1,5 Milyar 
    *Dokter s.d. Rp 2 Milyar
  • Jangka Waktu  maks. 15 Tahun
  • Angsuran tetap selama jangka waktu pembiayaan

 

Syarat dan Ketentuan:
Dokumen:

  • Copy KTP Pemohon dan Pasangan
  • Copy NPWP
  • Copy SK   

4.

Apa itu layanan form online Pensiun Berkah?

LAYANAN PENSIUN BERKAH:

  • Pembiayaan multiguna tanpa agunan sesuai Syariah dengan sumber pembayaran angsuran berasal dari payroll manfaat pensiun bulanan di BSM

 

FITUR & MANFAAT:

  • Limit pembiayaan s.d 350 juta
  • Angsuran tetap selama masa pembiayaan
  • Jangka waktu s.d 15 tahun

 

SYARAT & KETENTUAN:

  • Copy KTP Pemohon & Pasangan/KK
  • Copy NPWP
  • SK Pensiun

 

LAYANAN PRA PENSIUN BERKAH:

  • Pembiayaan multiguna tanpa agunan sesuai syariah dengan sumber pembayaran angsuran berasal dari gaji/pendapatan saat masih aktif bekerja dan pensiun

 

FITUR & MANFAAT:

  • Limit pembiayaan s.d 350 juta
  • Angsuran kompetitif
  • Jangka waktu s.d 15 tahun

 

SYARAT & KETENTUAN:

  • Copy KTP Pemohon & Pasangan/KK
  • Copy NPWP
  • SK Pegawai

5.

Apa itu layanan form online Tabungan?

TABUNGAN WADIAH

Tabungan Rupiah dengan akad Wadiah yad Dhamanah.

 

Benefit:

  • BEBAS BIAYA administrasi bulanan
  • BEBAS BIAYA tarik tunai di seluruh ATM Bank Mandiri dan BSM
  • Fasilitas Kartu Debit Mandiri Syariah (dapat digunakan di seluruh ATM BSM dan Mandiri serta ATM berlogo Link, VISA, Prima, dan ATM Bersama) dan buku rekening.
  • BEBAS BIAYA transaksi di seluruh mesin EDC Bank Mandiri, semua EDC Bank di Indonesia, dan EDC berjaringan PRIMA
  • Kemudahan transaksi dengan mobile banking dan net banking
  • Pembukaan rekening dapat dilakukan secara online melalui Mandiri Syariah Mobile

 

 

TABUNGAN MABRUR

Tabungan Rupiah untuk perencanaan ibadah haji & umrah

 

Benefit:

  • BEBAS BIAYA administrasi bulanan
  • Fasilitas notifikasi saat saldo telah cukup untuk didaftarkan porsi haji
  • Online dengan SISKOHAT Kementerian Agama RI
  • BEBAS BIAYA standing instruction agar disiplin menabung setiap bulan melalui program ABATANA (Ayo Berhaji Aman dan Terencana)
  • Tabungan Mabrur Junior atas nama anak untuk menabung dana haji sejak dini (Peraturan Menteri Agama RI No.13 Tahun 2018 : usia anak minimal 12 tahun sudah dapat didaftarkan porsi haji)

 

TABUNGAN BERENCANA

 

Tabungan berjangka untuk berbagai rencana Anda dengan jumlah setoran bulanan tetap (installment) dan dilengkapi perlindungan asuransi secara gratis

 

Benefit:

  • Bagi hasil yang kompetitif
  • Membantu disiplin menabung setiap bulan
  • Perlindungan asuransi secara gratis dan otomatis, tanpa pemeriksaan kesehatan
  • Membantu pengaturan pencapaian target dana
  • Jangka waktu s.d. 10 tahun dengan minimal setoran Rp 100.000,-

6.

Apa itu layanan form online Gadai dam Cicil Emas?

Produk Gadai Emas

Solusi Kebutuhan Dana dengan Mudah, Cepat dan Aman

 

Fasilitas pembiayaan untuk:

Kebutuhan Dana Cepat, dengan jaminan Emas (Emas Lantakan & Emas Perhiasan)

  • Taksiran tinggi
  • Biaya ringan
  • Emas tersimpan aman
  • Layanan nyaman
  • Perpanjang otomatis*

 

Take Over:

Pemindahan fasilitas pembiayaan dari institusi gadai lainnya.

 

Program:

Hadiah menarik bagi nasabah gadai emas dan Fee  bagi yang dapat mereferralkan nasabah gadai.

 

Nilai Pinjaman:

Maksimal Pinjaman s.d Rp.250jt

 

Produk Cicil Emas

MULAI INVESTASI JANGKA PANJANG PENUH KEBERKAHAN

Menggapai masa depan dengan harga hari ini

 

Fasilitas pembiayaan untuk:

- Kepemilikan Emas dengan syarat yang mudah serta cicilan ringan berkah sesuai syariah

 

MANFAAT:

  • Persiapan Biaya Pernikahan
  • Persiapan Biaya Pendidikan Anak
  • Persiapan biaya perjalanan Ibadah

 

Persyaratan:

  • Identitas Diri
  • DP 20% dari harga emas yang diinginkan

7.

Apa itu layanan form online Lelang?

Layanan online pencarian asset lelang milik PT Bank Syariah Mandiri. Layanan ini bisa ditemukan melalui akses: https://lelang.bsm.co.id

Tersedia ratusan asset dengan harga menarik.