MIP Landing Page

Mandiri Syariah Dukung Perajin Batik di Bayat Klaten

Mandiri Syariah Dukung Perajin Batik di Bayat Klaten

 

Mandiri Syariah bersama dengan Laznas BSM Umat melakukan dukungan pemberdayaan masyarakat di Desa Bayat, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Desa Bayat memiliki beberapa potensi budaya dan ekonomi di dalamnya dominan adalah skill membatik dari masyarakatnya. Desa Bayat sendiri telah ditetapkan pemerintah sebagai desa batik.

Ahmad Reza selaku Corporate Secretary mengatakan Mandiri Syariah terus memberikan dukungan kepada masyarakat.Contohnya masyarakat di Desa Bayat di mana hasil produksi para perajin batik dikelola dengan sistem distribusi penjualan dan quality kontrol yang baik sehingga produksi dan permintaan terus meningkat melalui mahasiswa penerima program Islamic Sociopreneur Development Program (ISDP). “Program ISDP diberikan kepada mahasiswa yang telah menjalankan bisnis atau memiliki potensi sebagai pengusaha dan mempunyai jiwa memberdayakan masyarakat di mana dana berasal dari Zakat Perusahaan yang disalurkan melalui Laznas BSM Umat,” bebernya.

Ia mengatakan, program ISDP dimulai sejak 2017 dan hingga saat ini mahasiswa penerima program ISDP berasal dari IPB, Unhas, UGM, UIN Syarif Hidayatullah dan SEBI. Seorang penerima ISDP, yakni mahasiswa UGM Iffandy, mengatakan bahwa ia dengan perajin batik bersama-sama memajukan potensi membatik di Desa Bayat.



BSM Editor